LAPORAN
“KOMUNIKASI
DATA”
OLEH
NAMA KELOMPOK
:
1. ABD. ASIS
2. IBNUL AZIKIN
3. HASNY
PROGRAM STUDI TEKNIK INDUSTRI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS ISLAM MAKASSAR
2016
KATA
PENGANTAR
Bismillahirahmanirrahim...!!!
DAFTAR ISI
SAMPUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN
BAB III PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Pertama kali komputer ditemukan,
ia belum bisa berkomunikasi dengan sesamanya. Pada saat itu komputermasih
sangat sederhana. Berkat kemajuanteknologi di bidang elektronika, komputer mulai
berkembang pesat dan semakin dirasakna manfaatnya dalam kehidupan kita. Saat
ini komputer sudah menjamur di mana-mana. Komputertidak hanya dimonopoli oleh
perusahaan-perusahaan, universitas-univeristas,atau lembaga-lembaga lainnya,
tetapi sekarang komputer sudah dapat dimilikisecara pribadi seperti layaknya
kita memiliki radio, dll.
Mayoritas pemakai komputer terdapat
di perusahaan-perusahaan atau kantor-kantor. Suatu perusahaan yang besar
seringkali memiliki kantor-kantor cabang. Apabila suatu perusahaan yang mempunyai
cabang di beberapa tempat adalah tidak efisien apabila setiap kali dilakukan
pengolahan datanya harus dikirim ke pusat komputernya. Perlu di perhatikan
bahwa berfungsinya suatu komputer untuk mengahasilkan informasiyang benar-benar
handal, maka sedapat mungkin data yang dimasukkan benar-benarasli dari tangan
pertama pencatat datanya, dan belum mengalami pengolahan daritangan ke tangan.
Apabila demikian bagaimana dengan data yang akan dioleh berasal dari
cabang-cabang yang tersebardi beberapa tempat yang jauh letaknya dari pusat
komputer. Di sini pentingnya dibangun suatu sistem komputerisasi, terutama
untuk mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk pengolahan data. Tetapi kenyataannya,
dalam sirkulasi suatu sistem pengolahan data, pengolahan itu sendiri hanya
suatu bagian. Secara garis besar suatu sistem sirkulasi pengolahan data terdiri
dari pengumpulan data,pemrosesan, dan distribusi. Dari sirkulasi ini masalah
yang banyak dijumpaidari perusahaan-perusahaan justru dalam hal pengumpulan
data dan distribusidata dan informasi untuk beberapa lokasi.
1.2 Rumusan masalah
1. Bagaimana pengertian dari komunikasi data
2. Bagaimana proses komunikasi data dapat dilakukan, serta
jenis-jenis media yang diperlukan dalam komunikasi data.
3. Apa manfaat komunikasi data
4. Kelebihan dan kekurangan komunikasi data
1.3 Tujuan
Adapun tujuan dari komunikasi
data adalah sebagai berikut :
1.
Memunkinkan pengiriman data dalam jumalh besar efisien, tanpa kesalahan
dan ekomis dari suatu tempat ketempat yang lain.
2.
Memungkinkan penggunaan sistem komputer dan perlatan pendukung dari
jarak jauh (remote computer use).
3.
Memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat maupun secara tersebar
sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik desentralisasi ataupu
sentralisasi.
4.
Mempermudah kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam
berbagai mcam sistem komputer.
5.
Mengurangi waktu untuk pengelolaan data.
6.
Mendapatkan da langsung dari sumbernya
BAB II PEMBAHASAN
Komunikasi data adalah merupakan bagian dari
telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan
data dan informasi diantara computer komputer dan piranti-piranti yang lain
dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data
berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital.
Komunikasi data merupakan bagIan vital dari suatu
masyarakat informasi karena sistem ini menyediakan infrastruktur yang
memungkinkan komputer-komputer dapat berkomunikasi satu sama lain. Yang terbagi
atas
2.1 Media
Media komunikasi sangat berperan
di dalam kehidupan masyarakat. Proses pengiriman informasi di zaman yang serba
modern ini sangat canggih. Teknologi telekomunikasi paling dicari oleh semua
orang, untuk menyampaikan atau mengirimkan informasi ataupun berita sebab
teknologi telekomunikasi semakin berkembang, semakin cepat, akurat, tepat,
mudah, murah, efektif serta efisien. Berbagi informasi antar negara dan benua
di belahan dunia manapun semakin sekarang semakin mudah.
Media
Transmisi adalah media yang digunakan sebagai sarana atau alat yang digunakan
pada proses pengiriman data. Media transmisi data merupakan jalur dimana proses
pengiriman data dari satu sumber ke penerima data. Beberapa media transmisi
data yang dapat digunakan jalur transmisi atau carrier dari data yang
dikirimkan, dapat berupa kabel, gelombang elektromagnetik, dan lain-lain. Dalam
hal ini berfungsi sebagai jalur informasi untuk sampai pada tujuannya. Ada
beberapa hal yang berhubungan dengan transmisi data yaitu kapasitas dan tipe
channel transmisi, kode transmisi, mode transmisi, protokol yang digunakan dan
penggunaan kesalahan transmisi. Beberapa media transmisi yang digunaka antara
lain: twisted pair, kabel coaxial, serat optik dan gelombang elektromagnetik.
2.2 Ciri
Ciri dalam komunikasi data digolngkan dalam beberapa bentuk yaitu:
1. Pengiriman
Sistem harus mengirimkan data ke tujuan yang sesuai. Data harus diterima oleh
perangkat yang dimaksudkan atau pengguna dan hanya oleh perangkat atau
pengguna.
2. Akurasi
Sistem harus memberikan data yang akurat. Data yang telah diubah dalam
transmisi dan meninggalkan sumber,data yang tidak dikoreksi tidak dapat
digunakan.
3. Ketepatan waktu
Sistem
harus mengirimkan data pada waktu yang tepat. Terlambat nya dikirimkannya data
maka tidak akan berguna. Dalam kasus video dan audio, pengiriman waktu yang
tepat berarti memberikan data seperti yang diproduksi atau seperti aslinya,
dalam urutan yang sama ketika dibuat, dan tanpa penundaan yang signifikan.
Semacam ini disebut pengiriman transmisi real-time.
4. Jitter
Jitter mengacu pada variasi waktu kedatangan paket. Ini adalah keterlambatan
yang tidak merata dalam pengiriman paket audio atau video. Sebagai contoh, mari
kita asumsikan bahwa paket video yang dikirim setiap 3D ms. Jika beberapa dari
paket datang dengan delay 3D ms dan yang lain dengan delay 4D ms, akan
menghasilkan kualitas yang tidak merata dalam video tersebut.
2.3 Jenis
Secara umum ada dua jenis KOMUNIKASI DATA, yaitu:
- Melalui Infrastruktur yaitu Menggunakan media
kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Membutuhkan biaya yang tinggi untuk
membangun infrastruktur jenis ini. Beberapa layanan yang termasuk
teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN
MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
- Melalui Satelit yaitu Menggunakan satelit
sebagai aksesnya. Biasanya wilayah yang dicakup akses satelit lebih luas
dan mampu menjangkau lokasi yang tidak memungkinkan dibangunnya
infrastruktur terestrial namun membutuhkan waktu yang lama untuk
berlangsungnya proses komunikasi. Kelemahan lain dari komunikasi via
satelit adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang
matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun
sekali.
2.4 Lan, man dan wan
1.
Local area network ( LAN )
Local
Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya
hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor,
sekolah atau yang lebih kecil. Saat ini kebanyakan LAN berbasis pada teknologi
IEEE 802.3 Ethernet menggunakan perangkat switch yang mempunyai kecepatan
transfer data 10, 100, atau 1000 Mbit/s. Selain teknologi Ethernet saat ini
teknologi 802.11b (atau biasa disebut Wi-fi) juga sering digunakan untuk
membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wi-fi
biasa disebut hotspot
Pada sebuah LAN setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi
sendiri berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga
dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah
diatur sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer.
Pada LAN seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain
dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.
Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN
mempunyai karakteristik sebagai berikut :
1. Mempunyai pesat data yang lebih
tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang
lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur
telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi
Biasanya
salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi
server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.
Manfaat Lan (Lokal Area Network)Local area network, seringkali
disebut LAN, merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau
kampus yang sampai beberapa kilo meter. LAN sering digunakan untuk
menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan
atau pabrik-pabrik untuk pemakaian resource bersama (misalnya, printer) dan
saling bertukar informasi, LAN dapat dibedakan dari jenis jaringan lainnya
berdasarkan tiga karakteristik : (1) ukuran, (2) teknologi transmisi, dan (3)
topologinya.
Kekurangan Lan keamanan
dari jaringan kurang, wilayah yang tercakup dalam jaringan terbatas pada
wilayah yang dapat dijangkau oleh gelombang radio dari wireless LAN, kecepatan
transfer data pada wireless LAN juga lebih lambat daripada LAN dengan kabel.
2.
Metropolitan area network ( MAN
Metropolitan Area Network (MAN) adalah suatu jaringan komputer dalam
suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan
berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya.
Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10
hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan
antar kantor-kantor dalam satu kota atau antara pabrik/instansi dan kantor
pusat yang berada dalam jangkauannya.
Didalam jaringan MAN hanya memiliki satu atau dua buah kabel yang
fungsinya untuk mengatur paket data melalui kabel output. Namun ada alasan
utama untuk memisahkan MAN sebagai kategori khusus adalah telah ditentukannya
standart untuk MAN, dan standart ini sekarang sedang diimplementasikan.
Standart tersebut disebut DQDB (Distributed Queue Dual Bus) atau 802.6 menurut
standart IEEE. DQDB terdiri dari dua buah kabel unidirectional dimana semua
komputer dihubungkan.
Sebetulnya ada dua jenis koneksi yang biasanya digunakan yaitu yang
pertama adalah koneksi dengan cara menggunakan wireless dan yang kedua
menggunakan kabel fiber optik. Sebagai contoh jaringan pada Bank (sistem Online
Perbankan). Setiap bank tentunya memiliki kantor pusat dan kantor cabang. Di
setiap kantor baik kantor cabang maupun kantor pusat tentunya memiliki LAN,
penggabungan LAN – LAN di setiap kantor ini akan membentuk sebuah MAN. MAN
biasanya mampu menunjang data teks dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan
jaringan televisi kabel atau gelombang radio.
Ada pun contoh lain dengan beberapa teknologi yang menggunakan koneksi
MAN seperti ATM, FDDI dan SMDS. Berikut dibawah ini saya beri penjelasan juga
tentang ATM, FDDI dan SMDS.
1. ATM (Asynchronous Transfer Mode) adalah protokol jaringan cell relay yang meng-enkodekan
lalu lintas atau traffic data ke bentuk cell yang lebih kecil seperti 53 byte,
48 byte dan 5 byte.
2. FDDI (Fiber Distributed Data
Interface) merupakan standar transmisi data
dalam sebuah LAN yang mencakup jangkauan lumayan jauh yaitu hingga 200 km. FDDI
ini juga dapat mencakup ribuan user. Standar medium yang dipakai untuk
menghubungkannya adalah fiber optik, walaupun sebenarnya bisa juga menggunakan
kabel tembaga, tetapi dengan syarat harus sesuai dengan teknologi FDDI jika
tidak maka transmisinya akan terganggu.
3. SMDS (Switched Multi-megabit Data
Services) adalah layanan koneksi untuk
LAN, MAN dan WAN dengan tukar menukar data berdasarkan standar IEEE 802.6 DQDB.
Untuk koneksi antara MAN dan LAN bisa dilakukan dengan menggunakan sinyal
radio, gelombang mikro dan infrared.
Kelebihan dan Kekurangan Metropolitan Area Network
(MAN)
Kelebihan man :
MAN dapat melingkupi kawasan yang lebih luas dibanding dengan LAN.
Jaringan MAN biasanya dioperasikan di bandara-bandara, gabungan beberapa buah
sekolah ataupun di sebuah daerah. Dengan menjalankan suatu jaringan
keterhubungan yang besar, informasi dapat disebarkan dengan lebih meluas, cepat
dan bermakna. Perpustakaan-perpustakaan umum dan agen-agen pemerintahan
biasanya menggunakan MAN
Kekurangan man :
MAN hanya akan berlaku jika komputer pribadi tersebut dapat bersaing
atau sebagai terminal. Jika sebuah komputer pribadi digunakan sebagai terminal,
memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil
file (download) dari host ataupun menghantar data ke host (upload). Download
file berarti membuka dan mengambil data dari sebuah komputer pribadi yang lain
dan menghantar data ke komputer yang berkenaan yang diminta oleh
pengguna.
3.
Wide Area Network ( WAN )
Wide Area Network (WAN) adalah sebuah jaringan yang memiliki jarak yang
sangat luas, karena radiusnya mencakup sebuah negara dan benua. WAN menggunakan
sarana fasilitas transmisi seperti telepon, kabel bawah laut ataupun satelit.
Kecepatan transmisinya beragam dari 2Mbps, 34 Mbps, 45 Mbps, 155 Mbps, sampai
625 Mbps (atau kadang-kadang lebih). Faktor khusus yang mempengaruhi desain dan
performance-nya terletak pada siklus komunikasi, seperti jaringan telepon,
satelit atau komunikasi pembawa lainnya.
Pada sebagian besar WAN, komponen yang dipakai dalam berkomunikasi
biasanya terdiri dari dua komponen, yaitu kabel transmisi dan elemen switching.
Kabel transmisi berfungsi untuk memindahkan bit-bit dari suatu komputer ke
komputer lainnya, sedangkan elemen switching disini adalah sebuah komputer
khusus yang digunakan untuk menghubungkan dua buah kabel transmisi atau lebih.
Saat data yang dikirimkan sampai ke kabel penerima, elemen switching harus
memilih kabel pengirim untuk meneruskan paket-paket data tersebut.
Jika dilihat dari fungsinya, sebenarnya WAN tidak jauh berbeda dengan
LAN. WAN juga berfungsi sama seperti LAN mengkoneksikan antar komputer, printer
dan juga device lainnya dalam satu jaringan. WAN pada dasarnya adalah kumpulan
LAN yang ada diberbagai lokasi. Dibutuhkan sebuah device untuk menghubungkan
antara LAN dengan WAN dan device tersebut adalah router.
Diagram koneksi jaringan wan
a. DTE (Data terminal equipment)
adalah suatu piranti disisi link jaringan WAN yang berada pada sisi pelanggan
(biasanya gedung / rumah pelanggan) yang mengirim dan menerima data. DTE
(biasanya berupa router jaringan atau bisa saja berupa komputer atau multiplexer) adalah merupakan tanda marka antara jaringan WAN dan
jaringan LAN. DTE ini merupakan piranti yang akan berkomunikasi dengan piranti
DCE disisi ujung lainnya.
b. Demarc atau titik demarkasi
adalah titik yang merupakan interface jaringan dimana kabel perusahaan telpon
terhubung dengan rumah pelanggan.
c. Local Loops adalah perpanjangan
kabel line telpon dari Demarc menuju kantor pusat Telco yang mana
pemeliharaannya difihak Telco, bukan tanggung jawab pelanggan. Kabel ini bisa
berupa kabel UTP, fiber optic atau gabungan keduanya dan juga media lainnya.
d. DCE (data circuit terminating
equipment) adalah suatu piranti (biasanya berupa router disisi ISP) yang
berkomunikasi dengan DTE dan juga WAN Cloud. DCE ini merupakan piranti yang
memasok clocking (denyut sinyal sinkronisasi) kepada piranti DTE. Sebuah modem
atau CSU/DSU disisi pelanggan bisa diklasifikasikan sebagai DCE. DTE dan DCE
bisa saja beupa piranti yang serupa / router akan tetapi mempunyai peran dan
fungsi yang berbeda.
e. WAN cloud, merupakan hirarchi
Trunk, Switches, dan CO (central office) yang membentuk jaringan telephone
lines. Struktur fisik bisa bervariasi, dan jaringan-2 yang berbeda dengan titik
koneksi bersama bisa saja saling overlap, makanya direpresentasikan dalam
bentuk WAN cloud. Sisi pentingnya adalah bahwa data masuk melalui jaringan
telpon, menjelajah sepanjang line telpon, dan tiba pada tepat pada alamat
tujuannya.
f.
PSE (packet switching exchange) adalah suatu Switch pada jaringan
carrier packet switched. PSE-2 ini merupakan titik-titik penghubung dengan WAN
cloud.
2.5 Tepologi
Topologi
Jaringan : Komunikasi Data
a. Topologi Ring
b. Topologi Mesh
c. Topologi Star
d. Topologi Lines
e. Topologi Tree
f.
Topologi Bus
1.
Topologi Ring (Topologi Cincin)
Padateknologi cincin, masing-masing titik/node berfungsi sebagai
repeater yang akan memperkuat sinyal disepanjang sirkulasinya, artinya
masing-masing perangkat saling bekerjasama untuk menerima sinyal dari perangkat
sebelumnya kemudian meneruskannya pada perangkat sesudahnya, proses menerima
dan meneruskan sinyal data ini dibantu oleh TOKEN.
TOKEN berisi informasi bersamaan dengan data yang berasal dari
komputer sumber, token kemudian akan melewati titik/node dan akan memeriksa
apakah informasi data tersebut digunakkan oleh titik/node yang bersangkutan.
Jika iya, maka token akan memberikan data yang diminta oleh node untuk kemudian
kembali berjalan ke titik/node berikutnya dalam jaringan. Jika tidak maka token
akan melewati titik/node sambil membawa data menuju ke titik/node berikutnya.
Proses ini akan terus berlangsung hingga sinyal data mencapai tujuannya.
Dengan cara kerja seperti ini maka kekuatan sinyal dalam aliran data
dapat juga terjaga. Kemampuan sinyal data dalam melakukan perjalanan
disepanjang lingkaran adalah hal yang sangat vital dalam topologi cincin.
Pada topologi cincin, komunikasi data dapat terganggu jika satu titik
mengalami gangguan. Jaringan FDDI mengantisipasi kelemahan ini dengan mengirim
data searah jarum jam dan berlawanan dengan arah jarum jam secara bersamaan.
Topologi Ring digunakkan dalam jaringan saat komputer yang terhubung ke
jaringan dalam jumlah yang banyak.
2.
Topologi Mesh ( Topologi Jala )
setiapperangkat
dapat berkomunikasi langsung dengan perangkat yang dituju (dedicated links).
Dengan demikian maksimal banyaknya koneksi antar perangkat pada jaringan
bertopologi mesh ini dapat dihitung yaitu sebanyak n(n-1)/2. Selain itu karena
setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang ada di dalam
jaringan maka setiap perangkat dapat terhubung dengan perangkat lainnya yang
ada didalam jaringan setiap perangkat harus memiliki sebanyak n-1 Port
InputOutput (I/O Ports).
Brdasarkan pemahaman diatas, dapat dicontohkan bahwa apabila sebanyak 5
(lima) komputer akan dihubungkan dalam bentuk topologi mesh maka agar seluruh
koneksi antar komputer dapat berfungsi optimal, diperlukan kabel koneksi, dan
masing-masing komputer harus memiliki port I/O sebanyak 5-1 port.
3.
Topologi Star ( Topologi Bintang)
·
Jaringan tergantung pada terminal pusat.
·
Jika menggunakan switch dan lalu lintas data padat dapat menyebabkan
jaringan lambat.
·
Biaya jaringan lebih mahal dari pada bus atau ring.
·
Gambar susah.
4.
Topologi Lines ( Topologi Runtut )
a. Penyambungan kabel BNC digunakan
untuk menghubungkan kabel ke penyambng-T.
b. Penyambung-T BNC digunakan untuk
menghubungkan kabel ke komputer.
c. Penyambung tabung BNC ( BNC barrel
connector).
d. Penyambung BNC digunakan untuk
menandai akhir dari topologi bus.
5.
Topologi Tree (Topologi Pohon )
Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat.
Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentar dengan hirarki
yang berbeda. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang
rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi haringan
jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan Komputer.
Pada jaringan pohon, terdapat
beberapa tingkatan simpul atau node. Pusat atau simpul yang lebih tinggi
tingkatannya, dapat mengatur simpul lain yang lebih rendah tingkatannya. Data
yang dikirim perlu melalui simpul pusat terlebih dahulu. Misalnya untuk
bergerak dari komputer dengan node-3 kekomputer node-7 seperti halnya pada
gambar, data yang ada harus melewati node-3, 5 dan node-6 sebelum berakhir pada
node-7.
6.
Topologi Bus
Kesulitan utama dari penggunaan kabel sepaksi adalah sulit untuk
mengukur apakah kabel sepaksi yang digunakan bener-bener sama atau tidak.
Karena kalau tidak sungguh-sungguh diukur secara benar akan merusak NIC
(network interface card) yang digunakan dan kinerja jaringan menjadi lambat,
tidak mencapai kemampuan maksimalnya. Topologi ini juga sering digunakan pada
jaringan yang basis fiber optic (yang kemudian digabungkan dengan topologi star
untuk menghubungkan dengan client atau node).
Pada topologi bus ada dua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah
terminator. Barel Connector dapat digunakan untuk memperluarnya. Jaringan hanya
terdiri dari satu saluran kabel yang menggunakan kabel BNC. Komputer yang
terhubung ke jaringan dapat menkaitkan dirinya dengan me tap Enthernetnya
sepanjang kabel.
Instalasi jaringan Bus sangat sederhana, murah dan maksimal terdiri atas
5-7 komputer. Kesulitan yang sering dihadapi adalah kemungkinan terjadinya
tebrakan data karena mekanisme jaringan realtif sederhana dan jika salah satu
node putus maka akan mengganggu kinerja dan trafik sseluruh jaringan.
2.6 Protokol
Protokol adalah sebuah aturan
atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi,
dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer. Protokol dapat
diterapkan pada perangkat keras, perangkat lunak atau kombinasi dari keduanya.
Pada tingkatan yang terendah, protokol mendefinisikan koneksi perangkat keras.
Protocol digunakan untuk menentukan jenis layanan yang akan dilakukan pada
internet.
a. Pada TCP/IP terdapat beberapa
protokol sub yang menangani masalah komunikasi antar komputer. TCP/IP
merngimplemenasikan arsitektur berlapis yang terdiri atas empat lapis,
diantaranya adalah :
Protokol lapisan aplikasi : bertanggung jawab untuk menyediakan akses kepada
aplikasi terhadap layanan jaringan TCP/IP. Protokol ini mencakup protokol
Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP), Domain Name System (DNS), Hypertext
Transfer Protocol (HTTP), File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Simple Mail
Transfer Protocol (SMTP), Simple Network Management Protocol (SNMP), dan masih
banyak protokol lainnya. Dalam beberapa implementasi stack protokol, seperti
halnya Microsoft TCP/IP, protokol-protokol lapisan aplikasi berinteraksi dengan
menggunakan antarmuka Windows Sockets (Winsock) atau NetBIOS over TCP/IP
(NetBT).
b. Protokol lapisan antar-host :
berguna untuk membuat komunikasi menggunakan sesi koneksi yang bersifat
connection-oriented atau broadcast yang bersifat connectionless. Protokol dalam
lapisan ini adalah Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram
Protocol (UDP).
c. Protokol lapisan internetwork :
bertanggung jawab untuk melakukan pemetaan (routing) dan enkapsulasi
paket-paket data jaringan menjadi paket-paket IP. Protokol yang bekerja dalam
lapisan ini adalah Internet Protocol (IP), Address Resolution Protocol (ARP),
Internet Control Message Protocol (ICMP), dan Internet Group Management
Protocol (IGMP).
d. Protokol lapisan antarmuka
jaringan : bertanggung jawab untuk meletakkan frame-frame jaringan di atas
media jaringan yang digunakan. TCP/IP dapat bekerja dengan banyak teknologi
transport, mulai dari teknologi transport dalam LAN (seperti halnya Ethernet
dan Token Ring), MAN dan WAN (seperti halnya dial-up modem yang berjalan di
atas Public Switched Telephone Network (PSTN), Integrated Services Digital
Network (ISDN), serta Asynchronous Transfer Mode (ATM)).
e. HTTP (HyperText Transfer
Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam
World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan
generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.
f.
Gopher adalah aplikasi yang dapat mencari maklumat yang ada di Internet,
tetapi hanya “text base” saja, atau berdasarkan teks.Untuk mendapatkan maklumat
melalui Gopher, kita harus menghubungkan diri dengan Gopher server yang ada di
Internet. Gopher merupakan protocol yang sudah lama dan saat ini sudah mulai di
tinggalkan karena penggunaannya tidak sesedeharna HTTP.
g. FTP (File Transfer Protocol)
adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang
merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin
dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang
paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan
pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara
klien FTP dan server FTP. Pada umumnya browser-browser versi terbaru sudah
mendukung FTP.
h. Mailto, Protokol mailto digunakan
untuk mengirim email melalu jaringan internet.
i.
TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) merupakan
standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses
tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan
Internet.
j.
UDP (User Datagram Protocol) adalah TCP yang connectionless. Hal ini
berarti bahwa suatu paket yang dikirim melalui jaringan dan mencapai komputer
lain tanpa membuat suatu koneksi. Sehingga dalam perjalanan ke tujuan paket
dapat hilang karena tidak ada koneksi langsung antara kedua host, jadi UDP
sifatnya tidak realibel, tetapi UDP adalah lebih cepat dari pada TCP karena
tidak membutuhkan koneksi langsung.
k. DNS (Domain Name System, bahasa
Indonesia: Sistem Penamaan Domain) adalah sebuah sistem yang menyimpan
informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar
(distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS
menyediakan alamat IP untuk setiap nama host dan mendata setiap server
transmisi surat (mail exchange server) yang menerima surat elektronik (email)
untuk setiap domain.
l.
PPP (Point to Point) adalah sebuah protokol enkapsulasi paket jaringan yang
banyak digunakan pada wide area network
(WAN). Protokol ini merupakan standar industri yang berjalan pada lapisan data-link dan
dikembangkan pada awal tahun 1990-an sebagai respons terhadap masalah-masalah
yang terjadi pada protokol Serial Line
Internet Protocol (SLIP),
yang hanya mendukung pengalamatan IP statis kepada para kliennya. Dibandingkan dengan pendahulunya (SLIP), PPP jauh
lebih baik, mengingat kerja protokol ini lebih cepat, menawarkan koreksi
kesalahan, dan negosiasi sesi secara
dinamis tanpa adanya intervensi dari pengguna. Selain itu, protokol ini juga
mendukung banyak protokol-protokol jaringan secara simultan. PPP didefinisikan pada
RFC 1661 dan RFC 1662.
m. SLIP (Serial Line Internet
Protokol) merupakan sebuah protokol yang memungkinkan pemindahan data IP
melalui saluran telepon. Alat bantu lainnya dalam SLIP adalah PPP yang
mendeteksi kesalahan dan konfigurasi. Sistem ini memerlukan satu komputer
server sebagai penampungnya, dan secara perlahan-lahan akan digantikan oleh
standar PPP yang memiliki kecepatan proses lebih tinggi.
n. ICMP (Internet Control Message
Protocol) adalah salah satu protokol inti dari keluarga protokol internet. ICMP
utamanya digunakan oleh sistem operasi komputer jaringan untuk mengirim pesan
kesalahan yang menyatakan, sebagai contoh, bahwa komputer tujuan tidak bisa
dijangkau. ICMP berbeda tujuan dengan TCP dan UDP dalam hal ICMP tidak
digunakan secara langsung oleh aplikasi jaringan milik pengguna. salah satu
pengecualian adalah aplikasi ping yang mengirim pesan ICMP Echo Request (dan
menerima Echo Reply) untuk menentukan apakah komputer tujuan dapat dijangkau
dan berapa lama paket yang dikirimkan dibalas oleh komputer tujuan.
o. POP3 (Post Office Protocol
version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat
elektronik (email) dari server email. Protokol ini erat hubungannya dengan
protokol SMTP dimana protokol SMTP berguna untuk mengirim surat elektronik dari
komputer pengirim ke server. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik
yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik
untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang
berhak. Kehadiran server surat elektronik ini disebabkan kenyataan hanya
sebagian kecil dari komputer penerima surat elektronik yang terus-menerus
melakukan koneksi ke jaringan internet. Protokol ini dispesifikasikan pada RFC 1939.
p. IMAP (Internet Message Access
Protocol). Protokol ini sama dengan protokol POP (sama-sama protokol untuk nge
download email), kelebihan protokol ini dibandingkan dengan POP, IMAP
memungkinkan email tetap berada di mail server. Identitas protokolnya port 143.
q. SMTP (Simple Mail Transfer
Protocol). Protokol ini digunakan untuk pengiriman email dengan menggunakan
aplikasi email client (outlook express, eudora, thunderbird), dengan identitas
port 25.
r. HTTPS (HyperText Transport
Protocol Secure) memiliki pengertian sama dengan HTTP tetapi dengan alasan
keamanan (security), HTTPS memberi tambahan Secure Socket Layer (SSL). Umumnya
website yang menggunakan HTTPS ini adalah website yang memiliki tingkat
kerawanan tinggi yang berhubungan dengan masalah keuangan dan privacy dari
pelanggannya seperti website perbankan dan investasi.
s. Teknologi HTTPS protocol mencegah
kemungkinan "dicurinya" informasi penting (credit card adalah contoh
yang paling serinf disebut-sebut) yang dikirimkan selama proses komunikasi
berlangsung antara user dengan web server (atau sebaliknya). Secara teknis,
website yang menggunakan HTTPS akan melakukan enkripsi terhadap informasi
(data) menggunakan teknik enkripsi SSL. Dengan cara ini meskipun seseorang
berhasil "mencuri" data tersebut selama dalam perjalanan user web
server, orang tersebut tidak akan bisa membacanya karena sudah diubah oleh
teknik enkripsi SSL.
t. SSH (Secure Shell Hosting) adalah
aplikasi pengganti remote login seperti telnet, rsh, dan rlogin, yang jauh
lebih aman. Dikembangkan pertamakali oleh OpenBSD project dan kemudian versi
rilis p (port) di-manage oleh team porting ke sistem operasi lainnya, termasuk
sistem operasi Linux. Fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengakses mesin
secara remote. Bentuk akses remote yang bisa diperoleh adalah akses pada mode
teks maupun mode grafis/X apabila konfigurasinya mengijinkan. scp yang
merupakan anggota keluarga ssh adalah aplikasi pengganti rcp yang aman,
keluarga lainnya adalah sftp yang dapat digunakan sebagai pengganti ftp.
u. Telnet (TeleNetwork) adalah
remote login yang dapat terjadi di internet karena ada service dari protocol
TELNET. Dengan Telnet memungkinkan kita untuk mengakses komputer lain secara
remote melalui internet.Dalam bahasa yang mudah kita dapat memberikan perintah
kepada komputer lain baik membuat file,mengedit,menghapus dan menjalankan suatu
perintah hanya melalui komputer di depan meja kita.Telnet banyak di pakai dalam
mesin berbasis UNIX dan sangat jarang aplikasi telnet pada mesin berbasis
Windows NT/2000.
v. LDAP (Lightweight Directory
Access Protocol) adalah suatu bentuk protokol client-server yang digunakan
untuk mengakses suatu directory service. Pada tahap
awalnya, LDAP digunakan sebagai suatu front-end bagi X.500, tetapi juga dapat
digunakan bersama directory server yang stand-alone dan juga yang lainnya.
w. SSL (Secure Socket Layer) adalah
Protokol berlapis. Dalam tiap lapisannya, sebuah data terdiri dari panjang,
deskripsi dan isi. SSL mengambil data untuk dikirimkan, dipecahkan
BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Komunikasi data adalah merupakan bagian dari telekomunikasi yang secara
khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara
computer komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang
dikirimkan melalui media komunikasi data
Manfaat sekaligus keuntungan komunikasi data yaitu memunkinkan pengiriman data dalam jumalh besar
efisien, tanpa kesalahan dan ekomis dari suatu tempat ketempat yang lain, memungkinkan penggunaan sistem komputer dan perlatan
pendukung dari jarak jauh (remote computer use), memungkinkan penggunaan komputer secara terpusat
maupun secara tersebar sehingga mendukung manajemen dalam hal kontrol, baik
desentralisasi ataupu sentralisasi, mempermudah
kemungkinan pengelolaan dan pengaturan data yang ada dalam berbagai mcam sistem
computer, mengurangi
waktu untuk pengelolaan data dan mendapatkan da langsung dari sumbernya. Sedangkan kekurangan
komunikasi data adalah menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai
aksesnya,membutuhkan biaya yang tinggi untuk membangun infrastruktur jenis
ini,menggunakan satelit sebagai aksesnya,aksesnya cukup luas tapi membutuhkan waktu yang lama untuk
berlangsungnya proses proragasi untuk akses via satelit.
3.2.
Saran
Demi mencapai keberhasilan
bersama dalam membuat laporan, khususnya laporan yang ditugaskan berkelompok
diharapkan kedepannya dapat berpartisipasi dan lebih aktif lagi mencari materi-materi
yang dibutuhkan.
DAFTAR
PUSTAKA
Yuli, 2010. “KOMUNIKASI DATA”. Diakses pada 1
November 2016 di http://komdata-yuli.blongspot.co.id/20/2010/03/keuntungan-dan-kekurangan-komunikasi.html?m+1.
http://firdaali.blogspot.co.id/2015/04/pengertian-dan-fungsi-lan-wan-dan-man.html?m=1
http://kurniawanputra-skanesa.blogspot.co.id/2014/08/protokol-komunikasi-data.html?m=1
http://jobsibarani.blogspot.co.id/2011/02/protokol-komunikasi-data.html?m=1
http://sissyfrecilia.blogspot.co.id/2012/12/topologi-jaringan-komunikasi-data.html?m=1
http://quratulayni.blogspot.co.id/2014/08/komunikasi-data.html?m=1
https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Fkomd4.wordpress.com%2F2010%2F03%2F05%2Fmedia-komunikasi-data%2F&sa=D&sntz=1&usg=AFQjCNFIybHxtFAQ67s5wBpXCHNA4NwZKA
https://www.google.com/url?q=https%3A%2F%2Fkomd4.wordpress.com%2F2010%2F03%2F05%2Fmedia-komunikasi-data%2F&sa=D&sntz=1&usg=AFQjCNFIybHxtFAQ67s5wBpXCHNA4NwZKA
Komentar
Posting Komentar